Sunday, April 26, 2020

Cara Merawat Ikan Lele SangKuriang

reneesmehistorias - Jumlah peternak lele yang beralih menggunakan benih lele sangkuriang untuk berkembang biak, karena mengklaim memiliki banyak manfaat yang menguntungkan peternak.

Telur melimpah

Dibandingkan dengan ikan lele Afrika, sangkuriang betina mampu menghasilkan 40.000 hingga 60.000 telur / kg berat betina. Jumlah ini lebih dari dua kali lipat dari telur lele Afrika selama periode pemijahan.

Jumlah telur yang berhasil menetas juga mencapai 90% dari total jumlah telur, jumlah ini lebih besar dari pada dumbo, yaitu hanya 80%. Ini berarti bahwa kemungkinan bisnis akuakultur yang tumbuh cepat lebih besar.

Produksi maksimum

Selama panen, jumlah ikan dengan berat sesuai kriteria sangat besar dibandingkan dengan jenis ikan lele lainnya. Banyak petani telah meningkatkan keuntungan mereka karena mereka dapat menjual lebih banyak ikan dalam waktu singkat.

Tumbuh dengan cepat

Penelitian menunjukkan bahwa perkembangan harian jenis lele sangkuriang mencapai 3,53%. Angka ini lebih tinggi dari pertumbuhan harian ikan lele dumbo yang hanya mencapai 2,73% per hari.

Sedangkan untuk menambah panjang tubuh, sangkuriang bisa mencapai 6 cm dalam 20 hari. Sedangkan jenis dumbo membutuhkan waktu hingga 40 hari untuk mencapai panjang 6 cm.

Tahan penyakit
Lele jenis ini juga memiliki daya tahan yang lebih besar terhadap penyakit karena kekuatan lendir pada permukaan tubuhnya mampu melindungi tubuh lele terhadap bakteri dan virus. Tapi tetap saja, menjaga lele tetap sehat harus dimaksimalkan jika Anda ingin lele tetap sehat tanpa rasa sakit.

Hal ini ditunjukkan oleh penelitian BBPBAT, ikan lele tetap dalam kondisi sehat meskipun pada kolam budidaya terdapat spesies bakteri Ichthiophthirius sp dan Trichodina sp. Setelah pemeriksaan kesehatan, tidak ada ikan lele yang terkontaminasi dengan bakteri, apakah ini mengejutkan?

Kualitas terbaik

Kandungan nutrisi ikan lele sangkuriang sedikit lebih baik daripada dumbo. Memang, lemak dagingnya sangat kecil dan kaya akan omega 3. Rasa dagingnya juga lebih padat dan enak, terutama jika sudah diproses. Jadi, pengusaha makanan olahan ikan lele sekarang lebih suka sangkuriang karena kualitasnya tidak ada kerugian dan konsumen lebih suka.

Bobot jenis lele juga bisa sangat tinggi, kadang bahkan melebihi harapan penjual. Hasilnya, lebih banyak manfaat dapat diperoleh karena beratnya padat dan menghasilkan kualitas daging yang sempurna selama pemrosesan.

Mudah dirawat

Memelihara jenis lele ini tidak membutuhkan persiapan yang berlebihan karena pertumbuhannya cukup di iklim panas. Cukup untuk menyediakan lokasi tanah sesuai dengan jumlah benih yang menerima cukup air segar dan ikan lele akan berlipat ganda secara maksimal.

Tidak hanya itu, pemilihan makanan juga cukup mudah karena jenis ikan lele ini tidak memilih menu makanan dan siap memakan makanan apa saja untuk pertumbuhan. Ketika mempertanyakan tingkat oksigen dalam air kolam budidaya, sangkuriang tidak memerlukan tingkat tertentu juga karena ikan ini memiliki kemampuan beradaptasi yang baik terhadap air.

Kekurangan lele Sangkuriang

Meskipun memiliki kelebihan yang tak terhitung jumlahnya, ikan lele sangkuriang juga memiliki kelemahan untuk dipertimbangkan jika Anda ingin menanamnya.

Hati-hati dengan perubahan pH air!

Ketika musim hujan tiba, Anda perlu memastikan bahwa pH air di kolam lele Sangkuriang tetap stabil. Jika tidak, ganti air kolam segera karena ini akan berdampak pada kesehatan ikan lele, bahkan tidak sedikit yang mati seketika karena perubahan pH air.

Sulit beradaptasi

Meski berproduksi tinggi dan sejumlah keunggulan lainnya, ternyata lele ini cenderung pemalu dan sulit beradaptasi jika dipindahkan ke lingkungan baru. Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati jika ingin memindahkannya dari satu kolam ke kolam lainnya, dampaknya adalah bahwa ikan lele dapat dengan mudah ditekankan dan mengurangi kualitas ikan lele itu sendiri.

Yang sering terjadi adalah benih yang belum berumur satu bulan akan mati jika Anda memaksa mereka untuk bergerak tanpa persiapan yang matang. Alih-alih untung besar, Anda akan dihadapkan pada kondisi yang dapat memengaruhi panen berikutnya.

Harus crossover

Untuk mendapatkan benih berkualitas, jangan menabur induk yang sama, tetapi lakukan umpan silang. Ini agar ikan lele kecil tidak mengalami penurunan kualitas karena ketika pembenihan menghasilkan induk, mereka akan memiliki dampak langsung pada resistensi, berat dan kapasitas pengembangan.

Jadi silang lagi seperti kasus ketika spesies ini ditemukan pada tahun 2004. Anda harus kawin antara anak jantan dan betina pembibitan, hasilnya dijamin berkualitas dan siap menjadi peternak ikan lele yang sukses.

Tidak ada yang salah dengan banyak pengeluaran penggunaan ikan lele sangkuriang untuk berkembang biak, karena memiliki banyak keunggulan luar biasa dibandingkan jenis lele lainnya. Banyak pengusaha lele telah mencobanya karena konsumen sangat menyukai jenis lele ini.

No comments:

Post a Comment